BAZDA Kabupaten Semarang Kunjungi PKPU Jateng

PKPU Online SEMARANG − Sebanyak 20 orang pengurus Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kabupaten Semarang melakukan kunjungan ke Graha Peduli PKPU Jateng di Jalan Setiabudi No. 70 Banyumanik, Semarang, Kamis (23/10/2008).

Kunjungan Bazda Kabupaten Semarang ini bertujuan untuk bersilaturahmi sekaligus studi banding tentang seluk beluk pengelolaan Zakat, Infaq dan Shodaqah (ZIS) serta pendayagunaannya.

Ketua rombongan yang juga Wakil Ketua Bazda Kabupaten Semarang, Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan bahwa studi banding ini merupakan agenda penting bagi Bazda.

Menurutnya, kedatangan rombongan ini bertujuan untuk menimba ilmu dari lembaga Amil Zakat yang sudah punya nama dan banyak berkiprah khususnya di Jawa Tengah. Pilihan itu salah satunya jatuh kepada PKPU Jateng.

“Bazda Kabupaten Semarang mungkin satu−satunya BAZ yang sudah memiliki Perda sebagai payung hukumnya, namun secara kompetensi dan kiprah, kami masih perlu banyak belajar,” ungkap Zainal.

Sementara itu, Nana Sudiana, Direktur PKPU Jateng menyambut baik kehadiran pengurus Bazda Kabupaten Semarang untuk melihat aktifitas dan berbagi pengetahuan dalam dunia ZIS serta aspek pemberdayaannya.

“Kami menyambut baik kunjungan Bazda Kabupaten Semarang ke sini dan kami sangat senang untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki. PKPU tidak pernah sungkan berbagi dengan lembaga−lembaga lain sejenis. Karena potensi zakat kita sangat besar dan tak mungkin diurus oleh PKPU sendiri,” jelas pria asal Cirebon itu.

Usai berbagi pengalaman, para pengurus Bazda Kabupaten Semarang diajak untuk melihat−lihat beberapa fasilitas yang dimiliki PKPU Jateng mulai dari bidang penghimpunan sampai bidang pendayagunaan. (Fatih/PKPU Semarang)