LAPORAN PENYELENGGARAAN PENTASHARUFAN ZAKAT INFAQ SHADAQAH  DAN BUKA PUASA BERSAMA MUZAKKI MUNFIQ DAN MUSTAHIQ

LAPORAN PENYELENGGARAAN

PENTASHARUFAN ZAKAT INFAQ SHADAQAH

DAN BUKA PUASA BERSAMA MUZAKKI MUNFIQ DAN MUSTAHIQ

BAZNAS KOTA YOGYAKARTA

 Kamis, 24 Ramadhan 1434 / 1 Agustus 2012

 

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Bismillahirrohmanirrohim, Alhamdulillahirabbil’alamin, Wassholatu Wassalamu Ngala Asrofil Ambiyai Walmursalin, Wangala Alihi Wasohbihi Ajmangin. Amma Ba’du.

Yang kami hormati Bapak Walikota Yogyakarta

Yang kami hormati Bapak Wakil Walikota Yogyakarta

Yang kami hormati Bapak Asisten Setda Kota Yogyakarta

Yang kami hormati Bapak-Bapak Perwakilan Kepala SKPD

Yang kami hormati Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta

Yang kami hormati ketua DMI dan ketua BADKO TKA/TPA Kota Yogyakarta

Bapak/Ibu Muzakki, Munfiq dan Mustahiq serta hadirin rakhimakumullah

Pertama dan utama marilah kita senantiasa menghaturkan puji syukur kehadirat Ilahirabbi, Allah SWT, yang telah melimpahkan nikmat dan barokah-Nya kepada kita sehingga pada kesempatan yang  mulai ini kita dapat hadir bersilaturrohim pada acara pentasharufan dan buka puasa bersama muzakki, munfiq dan mustahiq BAZNAS  Kota Yogyakarta. Semoga acara ini mendapatkan ridlo dan barokah  Allah SWT dan kita yang hadir mendapatkan pahala dari Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin

Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada panutan umat, Nabi Muhammad SAW, yang selalu kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir kelak.

Bapak Walikota Yogyakarta dan hadirin rakhimakumullah

Satu kebahagiaan dan kemuliaan bagi kita semua, pada sore yang penuh berkah ini, tiga pilar utama unsur zakat, yakni Muzakki/Munfiq (orang yang berzakat/berinfaq), Mustahiq (penerima zakat) dan Amil (orang yang mengurusi zakat) dapat berkumpul bersilaturrohim yang sekaligus saatnya nanti pentasharufan zakat, infaq dan shadaqah serta berbuka bersama.

Bapak Walikota Yogyakarta, yang sekaligus muzakki dan amil, Bapak/Ibu Muzakki dan Mustahiq serta hadirin rakhimakumullah. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta menyelenggarakan pemungutan/pengumpulan dan pentasharufan zakat infaq mulai tahun 2010. Alhamdulillahirabbil’alamin dalam kurun waktu tiga tahun (2010 s.d. 2012) pengelolaan zakat infaq dapat kami tunaikan dengan baik. Pemungutan zakat infaq terus meningkat, tahun 2010 sejumlah Rp.2,4 milyar, tahun 2011 sejumlah 2,9 milyar dan tahun 2012 sejumlah Rp.3,2 milyar. Pada kurun waktu tiga tahun tersebut pengelolaan zakat infaq telah di audit oleh akuntan publik dan memperoleh opini Wajar/WTP. Tahun 2013 ini kami telah mentargetkan pungutan zakat infaq sejumlah Rp.3,5 milyar, sampai dengan semester I tahun 2013 telah terkumpul Rp.1,5 milyar.

Bapak Walikota Yogyakarta, para muzakki dan mustahiq, kami selaku amil dalam kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Bapak Walikota Yogyakarta dan para muzakki, atas amanah zakat dan infaq yang telah diserahkan kepada BAZNAS Kota Yogyakarta teriring do’a “Ajarokallohu fima a’toita wajangalahu laka tohuran wabaroka laka fima abkoita” Semoga Allah SWT memberi pahala atas apa yang engkau berikan dan semoga Allah SWT memberikan berkah atas apa yang masih ada padamu. Amin

Dalam kesempatan ini pula akan ditasharufkan zakat infaq untuk tiga program pokok BAZNAS yakni:

A. Program Yogya Taqwa

1. Pentasharufan infaq dan shodaqah kepada 250 penjaga masjid dan mualaf. Shodaqah bingkisan berisi beras 5 kg, minyak 2 liter, gula 2 kg, 1 buah sarung dan uang infaq sejumlah Rp.200.000

2. Pentasharufan infaq untuk bantuan operasional BADKO TKA/TPA Kota dan Rayon Kecamatan, masing-masing Rp.1.000.000

3. Pentasharufan infaq untuk bantuan operasional Kelompok Kerja (POKJA) Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji (GEMMAR MENGAJI) Tingkat Kota dan Kecamatan, masing-masing Rp.1.000.000.

Perlu kami haturkan kepada Bapak Walikota Yogyakarta bahwa saat ini sudah 10 Kecamatan yang menyelenggarakan launching GEMMAR MENGAJI.

4. Pentasharufan infaq sejumlah Rp.10.000.000 untuk bantuan operasional majelis Muhtadin (majelis yang membina para mualaf)

B. Program Yogya cerdas

Pentasharufan zakat untuk bantuan pendidikan bagi anak pegawai kurang mampu, masing-masing mendapatkan Rp.250.000

C. Program Yogya Sejahtera

Pentasharufan zakat untuk pemberdayaan ekonomi para Mualaf melalui majelis Muhtadin sejumlah Rp.50.000.000.

Selanjutnya pada saatnya nanti dengan hormat kami mohon Bapak Walikota Yogyakarta berkenan secara simbolis menyerahkan zakat, infaq dan shodaqah dan sekaligus memberikan sambutan. Kepada Bapak Drs.H. Slamet Syaiful Muslimin, ketua DMI Kota Yogyakarta, dimohon berkenan memberikan tausiyah dan kepada Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta berkenan untuk memimpin  do’a.

Bapak Walikota dan hadirin rakhimakumullah, kami mewakili amil, dalam kesempatan yang mulia ini, senantiasa memohon bimbingan, arahan dan do’a, semoga kami tetap diberi kemampuan untuk dapat mengelola zakat infaq dari muzakki dan munfiq dengan amanah, profesional dan transparan.

Ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota Yogyakarta dan hadirin sekalian yang telah berkenan mensukseskan penyelenggaraan kegiatan temu silaturrohim muzakki, munfiq, mustahiq dan amil, yang insaallah ini menjadi temu silaturrohim rutin setiap Ramadhan. Ada hal-hal yang kurang berkenan kami mohon maaf yang setulus-tulusnya.

Billahitaufiq Walhidayah Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

 

Yogyakarta, 24 Ramadhan 1434

                                                                                                         01 Agustus      2013

Ketua

 

 

Dra.Rr. Titik Sulastri