BAZNAS MASJID RECOVERY for KELUD  BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA

BAZNAS MASJID RECOVERY for KELUD

BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA YOGYAKARTA

A.    PENDAHULUAN

Sebagai hamba Allâh Ta'âla, semua manusia dalam kehidupan di dunia ini tidak akan luput dari berbagai macam cobaan, baik berupa kesusahan maupun kesenangan. Hal itu merupakan sunnatullâh yang berlaku bagi setiap insan, yang beriman maupun kafir.

Allâh Ta'âla berfirman:

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan  sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya),  dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan  (Qs al-Anbiyâ’/21:35)

Imam Ibnu Katsîr rahimahullâh berkata:

“(Makna ayat ini) yaitu: Kami menguji kamu (wahai manusia), terkadang dengan bencana dan terkadang dengan kesenangan, agar Kami melihat siapa yang bersyukur dan siapa yang ingkar, serta siapa yang bersabar dan siapa yang berputus asa”.

            Seperti yang banyak terjadi akhir-akhir ini, bencana melanda di banyak daerah di Indonesia. Bencana berupa banjir, tanah longsor kebakaran dan yang paling terbaru adalah gunung meletus yang ada di Kediri yaitu gunung kelud, yang sebelumnya terjadfi juga gunung meletus di gunung Sinabung Sumatera Utara.

            Bencana ini menjadikan kita semua sebagai umat islam simpati dan selalu mawas diri dan instospeksi dngan berbagai macam bencana ini. Selain kita memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa yang kita lakukan, sebagai orang yang beriman tentunya kita simpati dan peduli terhadap saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah.

BAZNAS Sebagai badan yang dibentuk untuk memungut zakat/infaq dan memberdayakan umat maka kami mencanangkan program recovery untuk bencana gunung kelud dengan nama BAZNAS MASJID RECOVERY for KELUD (BMR for KELUD). Dimana bencana kelud kita pilih adalah karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dengan Kota Yogyakarta dan dampak dari bencana tersebut dapat kita rasakan juga di Yogyakarta, sehinggga kita sebagai orang yang beriman akan terketuk hatinya untuk saling bahu-membahu memberikan pertolongan kepda saudara kita yang membutuhkan.

Program ini kami canangkan adlah atas evaluasi dan program-programn yang dilakukan oleh pihak-pihak baik pemerintah maupun swasta yang melakukan program recovery pasca bencana yang menitikberatkan pada skala prioritas yang umum dilakukan, dan kurang memperhatikan untuk segera merecovery tempat ibadah (masjid) sehingga ini menjadi prioritas perhatian kami dengan program ini.

Sebagai umat manusia kita akan senantiasa selalu mengingat Allah SWT dalam setiap saat dan setiap waktu apalagi kalau kita sedang tertimpa musibah. Namun yang sering terjadi ketika bencana sedang berlangsung fasilitas-fasilitas ibadah masing kurang memadai baik dari segikebersihan  tempat maupun dari fasilitas alat yang kita gunakan. Mudah-mudahan program ini memberikan nilai tambah terhadap

B.     CARA DONASI

Donasi bisa langsung ke kantor baznas Kota Yogyakarta Lantai 1 Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota atau lewat rekening infak BAZNAS Kota Yogyakarta dengan format nominal uang yang ditranfer  nominal paling belakang diberi nomor 1, missal donasi Rp. 100.000,- dengan format Rp. 100.001.

Rekening infak BAZNAS Kota Yogyakarta

BPD Syariah  :  500.119.3.6, BPD Syariah Cab. DIY,

BPD Senopati ;   006.111.001056

Bank Rakyat Indonesia ; 153-01-000005-30-7