Baznas dan Kemenag Bantu Relawan Kelud

YOGYAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta melepas relawan Benah dan Bersih Masjid (BBM) untuk korban letusan Gunung Kelud di Kediri. Sebanyak 23 relawan dikirimkan untuk membantu perbaikan sarana ibadah berupa masjid dan musala di Kediri. 
Plh Kepala Kemenag Kota Yogyakarta Misbahrudin mengatakan, dari laporan sementara yang diterima, ada 83 masjid dan 165 musala yang tersebar di lima kecamatan yang terdampak langsung. “Diharapkan bantuan relawan ini fasilitas tersebut dapat kembali berfungsi dengan baik,” katanya. Sesuai rencana relawan dari Baznas dan Kemenag Kota Yogyakarta tersebut akan bekerja membantu selama 10 hari terhitung mulai kemarin. Bentuk perbaikan akan disesuaikan dengan kondisi yang ditemui di lokasi. 
Mempertimbangkan informasi kondisi di Kediri, Misbahrudin mengaku juga sudah mempertimbangkan pengiriman relawan tahap kedua. Untuk bantuan tahap pertama tercatat 23 relawan dari Kota Yogyakarta tersebut akan membawa dana sebanyak Rp210 juta. “Berada di Kediri selama 10 hari mulai 25 Februari sampai 5 Maret. Dana yang disiapkan untuk tahap awal senilai Rp210 juta dan sekiranya masih dibutuhkan, nantinya akan dikirimkan relawan tahap kedua,” katanya. 
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyebutkan, pengiriman relawan kemanusiaan tersebut bagian dari kepedulian warga Yogyakarta kepada korban letusan Kelud. Diharapkannya, apa yang dilakukan oleh Baznas dan Kemenag Kota Yogyakarta tersebut bukti nyata bahwa semangat gotong royong masih tertanam dengan baik di masyarakat. “Diharapkan sesampainya di tempat lokasi korban bencana, relawan BBM ini langsung bisa berkoordinasi dengan tim bencana yang ada di sana, sehingga niat baik ini bisa terarah dan tepat sasaran,” ucapnya. 
Sejak letusan Gunung Kelud Jumat (14/2) lalu sudah banyak relawan dari Yogyakarta yang berangkat ke lokasi bencana yang berada di Jawa Timur tersebut. Bahkan Gubernur DIY Sri Sultan HB X juga sempat berangkat langsung mengawal 14 truk berisi bantuan untuk membantu korban. ●maha deva   

Sumber : http://www.koran-sindo.com/node/370529