Tahun Baru Hijriyah 1438 momentum untuk Berhijrah

Kata hijrah berasal dari Bahasa Arab, yang berarti meninggalkan, menjauhkan dari dan berpindah tempat. Dalam konteks sejarah hijrah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam.

Dengan merujuk kepada hijrah yang dilakukan Rasulullah Saw tersebut sebagaian ulama ada yang mengartikan bahwa hijrah adalah keluar dari “darul kufur” menuju “darul Islam”. Keluar dari kekufuran menuju keimanan. Umat Islam wajib melakukan hijrah apabila diri dan keluarganya terancam dalam mempertahankan akidah dan syari’ah Islam.

Momentum Tahun Baru 1438 Hijriah kali ini adalah momentum yang tepat bagi umat Islam memulai ber-hijrah menuju kehidupan yang lebih baik. baik dalam arti kehidupan keluarga, sosial dan baik dalam hal ibadah mahdhoh dan juga Ibadah sosial.

Selamat Tahun Baru 1438 Hijriah, semoga kita bisa sama sama berhijrah, sesuai tujuan yang pernah diamanatkan oleh Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, menuju ke arah yang lebih baik lagi. (dari berbagai sumber)