PAKET LOGISTIK BAGI UMKM BINAAN BAZNAS KOTA YOGYAKARTA

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta menthasarufkan dana zakatnya dalam program Jogja Sejahtera di Bidang Pemberdayaan Ekonomi Produktif kepada para penerima manfaat (Mustahik). Penyerahan bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepeduliaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota yogyakarta terhadap pegiat UMKM binaan Baznas Kota Yogyakarta yang terdampak covid-19. Sebanyak 112 Orang penerima manfaat (Mustahik) mendapat bantuan paket logistik senilai Rp 150.000 
Dalam mendistribusikan paket logistik kepada mustahik, Badan Amil Zakat Naional (BAZNAS) Kota Yogyakarta tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 untuk mengatisipasi penyebaran Covid-19. Setiap mustahik yang datang akan di cek suhu tubuh terlebih dahulu, wajib menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, dan menggunakan masker. Pendistribusian juga dilakukan dengan jaga jarak atau social distancing. 
Selain pendistribusian bantuan paket logistik kepada mustahik, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Yogyakarta juga melakukan pendataan kuisioner Kaji Dampak Zakat (KDZ). Kuisioner KDZ tersebut merupakan instrumen yang di tetapkan BAZNAS RI yang bertujuan untuk mengukur dampak zakat terhadap mustahik BAZNAS Kota Yogyakarta. Data yang digunakan untuk kajian dampak zakat adalah data primer, yakni melalui wawancara terstruktur dengan metode survei berdasarkan kuesioner yang telah disusun. Wawancara dilakukan kepada mustahik penerima zakat yang disalurkan oleh BAZNAS.

Pewarta : Rivani Sukmawati
Editor : Jihan Nabila Yusuf