Sinergitas Baznas Kota Yogyakarta Gandeng PKK Kota Yogyakarta

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta menggandeng PKK Kota Yogyakarta untuk bersinergi dalam memberdayakan masyarakat muslim jogja. Kegiatan ini merupakan penthasahrufan program jogja sejahtera untuk meningkatkan manfaat zakat yang sebesar-besarnya dengan harapan dapat menyangkal beberapa kemiskinan di Yogyakarta. Acara tersebut merupakan penyerahan bantuan program kerjasama antara BAZNAS Kota Yogyakarta dengan PKK Kota Yogyakarta  yang dilaksanakan secara simbolis, bertempat di Ruang Rapat Kunthi lantai 2 Gedung PKK Komplek Balaikota Yogayakarta.(16/9)  Melalui Sinergitas ini, BAZNAS Kota Yogyakarta dengan PKK Kota Yogyakarta menyalurkan bantuan 4 program yang meliputi program untuk kelompok kerja (Pokja) 1 berupa pengadaan Webbinar senilai Rp4.250.000, Pokja 2 berupa bantuan upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K ) senilai Rp140.000.000, Pokja 3 berupa bantuan kelas memasak atau Cooking Class senilai Rp3.350.000, dan yang terakhir Pokja 4 berupa bantuan paket telur ayam sebanyak 5000 butir untuk Dapur Balita senilai Rp. 7.000.000.

Ketua BAZNAS Kota Yogyakarta Drs. H. Syamsul Azhari menyatakan realisasi penyaluran bantuan program pemberdayaan ekonomi senilai Rp140 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk 14 kecamatan yang ada di kota Yogyakarta, setiap kecamatan mendapat kuota untuk 10 orang dengan biaya senilai 1 juta perorang.  

“Bantuan tersebut disalurkan untuk recovery para UMKM agar dapat membantu para pelaku usaha yang terdampak Covid-19. Selain memberikan modal, di program ini juga turut memberikan pendampingan kepada penerima bantuan selama 2 tahun lamanya dan juga penguatan spiritual” lanjut Marsudi Endang Sri Rejeki, SE.,M.Si Selaku Wakil Ketua II Bagian Keuangan Baznas Kota Yogyakarta.

Ketua TP PKK Kota Yogya menjelaskan dari program kelompok kerja (pokja) 1 terdapat program webbinar yang pastinya diminta untuk dapat mengedukasi masyarakat dalam menyikapi kehidupan baru di masa pandemi Covid-19 dan dapat nenguatkan ketahanan keluarga. Pojka 2 yakni bantuan untuk UP2K ekonomi kepada 140 pengusaha gurem ataupun anggota UP2K. kemudian pokja 3 terdapat program cooking class atau kelas memasak yang akan mengajarkan bagaimana memasak dirumah, agar di era pandemi ini ketahanan keluarga atau kegiatan keluarga tetap mensuport anggota keluarga supay anak-anak menjadi anak yang cerdas dan sehat. Sedangkan pokja 4 untuk dapur balita, yang mana posyandu sedang mencari pola agar anak-anak se-kota Yogyakarta yang jumlahnya banyak dapat tetap terpantau kesehatan dininya dengan membuat dapur balita.

“Terimakasih kepada Baznas Kota Yogyakarta, semoga ini menjadi barokah untuk kita semua dan di Ridhai ALLAH SWT” Ujar Tri Kirana Muslidatun selaku ketua TP PKK kota Yogyakarta. 

 

Pewarta : Rivani Sukmawati

Editor : Resta Ayu Mitayani