BAZNAS KOTA YOGYAKARTA TELAH MENYALURKAN SELURUH INFAQ BANTUAN ERUPSI GUNUNG SEMERU LUMAJANG

Sampai tgl 20 Jumadil Akhir 1443/31 Jan. 2022, infaq yg dihimpun BAZNAS Kota Yogyakarta terkumpul sejumlah Rp.203.831.500,. Hal tersebut disampaikan Waka I/Bidang Pungutan, Wahyu Teja Raharja, SE saat melaporkan hasil penggalangan infaq bantuan erupsi Gunung Semeru.

Saat ini penggalangan infaq telah kami tutup. Waka II/Bidang Pentasharufan, Drs.Sami' Shandi, menyampaikan bahwa seluruh infaq telah ditasharufkan. Tahap 1 sejumlah Rp.25 juta  ditasharufkan saat tanggap bencana melalui BAZNAS RI dan DIY. Tahap 2 sejumlah Rp.150 juta, ditasharupkan melalui KUA Kec. Pronojiwo dan Candipuro Lumajang, masing-masing Rp.75 juta, untuk recovery masjid/mushola/madrasah/pesantren. Tahap 3 sejumlah Rp.24.831.500, untuk kelanjutan program recovery, ditasharufkan melalui Satgas Tanggap Bencana Kantor Kemenag Lumajang. Diserahkan oleh Waka II dan diterima Bendahara Satgas,  Hidayatullah, S.Kom, Senin 19 Rajab 1443/21 Feb. 2022 melalui link zoom.

Terpisah, Ka. BAZNAS Kota Yogyakarta, Drs.H. Syamsul Azhari, menjelaskan bahwa penghimpunan infaq ada dua jenis yakni: infaq terikat dan tidak terikat. Infaq terikat adalah infaq dihimpun dan telah ditetapkan peruntukannya, sperti infaq bantuan musibah erupsi semeru. Semua infaq yang terhimpun melalui program infaq terikat didistribusikan sesuai peruntukannya, tidak diambil hak amil. "Hal ini juga berlaku untk zakat muqayyadah yakni zakat yang sudah ditentukan peruntukannya oleh muzakki, sebagaimana fatwa MUI Nomor 14 tahun 2011", tuturnya. Dihaturkan ucapan terima kasih atas penunaian ZIS DSKL melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, teriring doa:
آجَرَكَ اللَّهُ فِيما أعْطَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوراً وَبَارَكَ لَكَ فِيما أَبْقَيْتَ
"Semoga Allah memberi pahala atas apa yang telah engkau berikan, menjadikannya penyuci bagimu dan melimpahkan berkah terhadap hartamu yang tersisa".
Dengan selalu bersedekah semoga kita terhindar dari musibah.
Aamiin3X Yaa Rabbal'alamin
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Ketua
ttd
Drs.H.Syamsul Azhari

#PilihanPertamaPembayarZakat
#BerkhitmadMensejahterakanUmat
#AmanahProfesionalTransparanAkuntabel