Memberi Makanan untuk Orang Berbuka: Bentuk Kebaikan di Bulan Ramadan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Selama bulan Ramadhan, umat muslim berpuasa sepanjang hari dan membatalkan puasa pada waktu berbuka. Berbuka puasa adalah momen yang sangat dinantikan, dimana kita bisa memperoleh energi dari makanan dan minuman setelah berpuasa seharian. Namun, tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk menikmati makanan berbuka yang layak. Oleh karena itu, memberi makan orang berbuka adalah tindakan yang sangat mulia dan dianjurkan di dalam agama Islam.

Memberi makan orang berbuka adalah salah satu cara untuk memperoleh pahala yang besar. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

 

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

 Berikut ini adalah beberapa cara untuk memberi makan orang berbuka selama bulan Ramadhan:

  1. Donasi Makanan 

Salah satu cara terbaik untuk memberi makan orang berbuka adalah dengan melakukan donasi makanan. Kita bisa menyalurkan donasi makanan ke lembaga atau organisasi yang melakukan kegiatan berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan seperti panti asuhan, masjid, atau tempat-tempat lain yang memerlukan. Kita bisa berdonasi makanan dalam bentuk uang atau bahan makanan seperti beras, minyak goreng, sayuran, dan lain sebagainya.

  1. Menyediakan hidangan berbuka bersama 

Kita juga bisa menyediakan hidangan berbuka bersama untuk keluarga, sahabat, atau tetangga yang membutuhkan. Kita bisa mengundang mereka ke rumah kita dan memberikan hidangan berbuka yang bergizi dan enak. Hal ini bisa menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan bagi kita dan orang-orang yang kita undang.

  1. Membagikan makanan di jalan 

Kita juga bisa memberi makan orang berbuka secara langsung dengan membagikan makanan di jalan. Kita bisa menyiapkan makanan dan minuman berbuka, lalu membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti orang-orang yang sedang berjualan, tukang parkir, atau orang-orang yang tidur di jalanan.

  1. Menyumbangkan makanan ke tempat kerja atau sekolah

Kita bisa menyumbangkan makanan berbuka ke tempat kerja atau sekolah, sehingga orang-orang yang sedang bekerja atau belajar bisa berbuka dengan tenang. Hal ini juga bisa mempererat hubungan antara kita dengan rekan kerja atau teman sekolah.

Memberi makan orang berbuka adalah tindakan yang sangat mulia dan dapat memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, memberi makan orang berbuka juga bisa menjadi ladang pahala di akhirat nanti.

================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, transper ke rekening:
BSI: 4441111121
BRI: 153101000005307
BPD DIY Syariah: 801111000054
*Atau melalui link: https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website:https://baznas.jogjakota.go.id