SEDEKAH DIWAKTU SEMPIT; DALIL, KEUTAMAAN DAN ALASAN

 

Sedekah adalah pemberian sesuatu yang bermanfaat dari seseorang untuk orang lain yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim, orang yang terjerat hutang dan lain-lain. Sedekah dapat dilakukan tanpa batas waktu tertentu atau dapat dilakukan kapan saja.

Sedekah juga tidak hanya berupa harta atau benda, tapi juga bisa berupa bentuk lainnya seperti berbuat baik kepada orang lain, bertutur kata yang baik, tersenyum kepada orang lain, dan perbuatan baik lainnya.

Sedekah jelas mempunyai manfaat bagi yang melakukannya yaitu agar terhindar dari murka Allah SWT, dapat mempererat tali persaudaraan, memperpanjang umur dan memberikan ketenangan pada batin.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam (QS. Al-Hadid:18)

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

”Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS. Al-Hadid:18)

Keutamaan sedekah di waktu sempit

Sedekah luar biasa, justru diberikan pada waktu susah atau kekurangan. Namun tak banyak orang ketahui, ternyata ketika bersedekah, ada sejumlah keutamaan penting dari sedekah meskipun orang yang melakukan dalam keadaan sempit atau sulit.

Berikut keutamaan sedekah di waktu sempit yang jarang orang ketahui:

Dapat meningkatkan keimanan

Sedekah dalam keadaan sempit atau sulit bukanlah hal yang mudah tapi barangsiapa yang melakukannya akan mendapat ganjaran pahala yang luar biasa dari Allah SWT. Dapat dikatakan, hanya orang-orang bertakwalah yang mampu melakukan hal tersebut.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam

QS. Ali Imran ayat 134:

"(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.”

Dapat menghapus dosa-dosa

Dalam hadist riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW. menyampaikan bahwa sedekah dapat menghapus dosa-dosa seseorang ibarat air yang mampu memadamkan api. Untuk itu, disimpulkan bahwa bersedekah dapat menghilangkan dosa-dosa kecil yang disebabkan rasa iri, dengki serta dosa-dosa kecil lainnya.

Akan mendapat balasan yang baik dari Allah SWT

Jika seorang muslim bersedekah maka akan diganti dan dibalas dengan balasan yang baik dari Allah SWT. Allah SWT akan mengganti dan membalasnya secara kontan di dunia.

Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Quran Surat Saba ayat 39:

"Katakanlah, 'Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.' Dan apa saja yang kamu infakkan Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi Rezeki yang terbaik.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Selain itu, sedekah dalam bentuk lain juga memiliki multimanfaat yang dimana nantinya dapat dirasakan oleh orang-orang yang memberi sedekah maupun yang menerima sedekah tersebut seperti:

  1. Pahala dilipatgandakan
  2. Membuka pintu-pintu rezeki
  3. Menghapus dosa
  4. Menyembuhkan dari penyakit
  5. Membantu meringankan beban orang lain
  6. Dan sebagainya.

Melihat banyaknya manfaat yang akan didapat jika kita melakukan sedekah, rasanya tidak ada lagi alasan untuk berkata tidak melakukannya. Untuk itumari bersedekah. Sedekah ini akan mendukung operasional BAZNAS KOTA YOGYAKARTA dalam menunjang berbagai program untuk pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Semoga sedekah ini akan menjadi amalan yang akan menyelamatkan kita di akhirat kelak. Aamiin.