MEMANFAATKAN POTENSI DARI SEDEKAH UNTUK MEMBANGKITKAN EKONOMI UMMAT

Sedekah berasal dari bahasa Arab ash- shadaqah yang berarti pemberian yang disunahkan. Sedekah merupakan pemberian dari seorang muslim secara suksrela tanpa dibatasi waktu dan jumlah (Haul dan Nisbah) sebagai kebaikan dengan mengharap ridho Allah SWT. Sedekah merupakan merupakan perbuatan mengeluarkan atau melakukan sesuatu dengan harta (materi) atau non materi. Sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta namun sedekah mencakup segala amal, atau perbuatan baik Landasan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) dalam Al-Qur’an Surat Al Baqarah ayat 177. Disana menjelaskan bagaimana keutamaan bersedekah agar bisa membantu sesama ummat yang di rasakan kurang beruntung dalam segi materi dan non materi.

Dalam Islam harta mempunyai kedudukan yang sangat tinggi di mana Islam begitu menggalakkan umatnya untuk memiliki, menjana dan membelanjakan harta dengan baik dan bijaksana. Matlamat ini sangat bertepatan dengan prinsip maqasid al-syariah yang menekankan kepada keadilan dan manfaat kepada manusia. Harta dalam Islam harus beredar dan berlegar secara berterusan dan tidak hanya bertumpu kelompok manusia yang tertentu saja. Konsep harta dalam sistem ekonomi Islam mempunyai ikatan dengan iman dan akhlak.  Menurut Ibnu Qoyyim, “Sedekah itu bisa memberikan pengaruh yang menakjubkan untuk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zolim, atau bahkan orang kafir, karena Allah akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan shadaqah tersebut.”

Dalam perspektif tujuan sedekah selain bentuk ibadah, sedekah dalam konsepsi harta benda adalah meningkatkan jumlah dari harta yang telah disedekahkan dan bukan mengurangi dari harta yang di miliki. Sedekah dapat menyucikan harta dan diri seseorang sebagaimana zakat. Amalan bersedekah merupakan satu contoh teladan kepada Baginda SAW. Sedekah adalah satu bentuk amal ibadah yang dapat menambahkan kebaikan, menghapuskan dosa, menolak bala, menambahkan rezeki, menyembuhkan penyakit dan menjauhkan kemurkaan Allah SWT kepada Allah SWT di atas nikmat harta yang telah dikurniakan kepada kita (HR. Imam Baihaqi).

Untuk itu jika ada dari saudara/i yang ingin Sedekah bisa melalui BAZNAS kota Yogyakarta, Insyaallah dana yang di salurkan dapat di kelola dengan baik dan tepat sasaran, karena Baznas kota Yogyakarta mepunyai selogan 2,5% Zakat 100% Manfaat, Manfaatnya Dunia Akhirat.

================
#HartaBerkahJiwaSakinah
#PengelolaZakatTerbaikTerpercaya
#AmanahProfesionalTransparan
#TerimakasihMuzakiDanMustahiq
================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, klik link: https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website:https://baznas.jogjakota.go.id