PANDUAN PRAKTIS MENGHITUNG DAN MEMBERIKAN FIDYAH DENGAN BENAR

Definisi Fidyah

Bagi beberapa orang yang tak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diwajibkan untuk membayar fidyah. Fidyah sendiri berasal dari kata “fadaa” yang artinya mengganti atau menebus. Orang-orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu ini, diperbolehkan tidak berpuasa dan tak harus menggantikannya di lain waktu. Adapun beberapa kriteria orang-orang yang bisa membayar fidyah antara lain:

  1. Orang tua renta yang tak memungkinkan berpuasa
  2. Orang sakit parah yang kecil kemungkinannya untuk sembuh
  3. Ibu hamil atau menyusui yang jika berpuasa khawatir dengan kondisi diri atau bayinya (atas rekomendasi dokter).

Ketentuan Besaran Fidyah 

Orang yang terlupa untuk berpuasa pada bulan Ramadan harus membayar fidyah. Besaran fidyah yang harus dibayarkan adalah sebesar 2,5 kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi dalam daerah tempat tinggal. Jika seseorang ingin membayar fidyah dalam bentuk uang, maka besaran fidyah yang harus dibayarkan adalah setara dengan harga 2,5 kilogram makanan pokok tersebut.

Namun, jika seseorang terlupa untuk berpuasa pada beberapa hari saja, maka fidyah yang harus dibayarkan hanya sebesar satu hari puasa. Sebagai contoh, jika seseorang terlupa untuk berpuasa selama tiga hari pada bulan Ramadan, maka fidyah yang harus dibayarkan adalah setara dengan harga satu hari puasa.

Cara Pembayaran Fidyah

Pembayaran fidyah untuk orang yang terlupa puasa Ramadan bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Berikut adalah panduan dan cara pembayaran fidyah:

  1. Tentukan Bentuk Pembayaran

Tentukan apakah pembayaran fidyah akan dilakukan dalam bentuk uang atau makanan pokok. Jika pembayaran dilakukan dalam bentuk uang, pastikan bahwa besaran fidyah yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Hitung Besaran Fidyah

Hitung besaran fidyah yang harus dibayarkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika pembayaran dilakukan dalam bentuk makanan pokok, pastikan bahwa jenis dan jumlah makanan pokok yang akan dibeli sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Pilih Tempat Pembayaran

Pilih tempat pembayaran yang tepat dan terpercaya. Baznas Kota Yogyakarta menjadi salah satu lembaga terpercaya untuk menyalurkan pembayaran fidyah. 

  1. Lakukan Pembayaran

Lakukan pembayaran fidyah sesuai dengan besaran yang sudah dihitung sebelumnya. Pastikan bahwa pembayaran sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan dan jangka waktu yang berlaku.

Itulah tadi panduan dan cara pembayaran fidyah. Dengan membayar fidyah, kita dapat memenuhi kewajiban agama sekaligus memberikan manfaat kepada orang yang membutuhkan. Untuk itu apabila ada dari Saudara/i yang ingin membayarkan zakat bisa melalui BAZNAS kota Yogyakarta, Insyaallah dana yang di salurkan dapat di kelola dengan baik dan tepat sasaran, karena Baznas kota Yogyakarta mepunyai selogan 2,5% Zakat 100% Manfaat, Manfaatnya Dunia Akhirat.

================
#HartaBerkahJiwaSakinah
#PengelolaZakatTerbaikTerpercaya
#AmanahProfesionalTransparan
#TerimakasihMuzakiDanMustahiq
================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, klik link: https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi website: https://baznas.jogjakota.go.id

*Konsutasi Fidyah : 0821 4123 2770