ALASAN MENGAPA KITA HARUS BERINFAK

Kita tentu sudah tidak asing dan sering mendengar kata infak, tapi tahukah apa arti infak itu?

Infak merupakan sebuah amalan yang berkaitan dengan pemberian harta atau uang yang kita miliki kepada orang atau pihak lain. Infak juga merupakan suatu amalan  yang selain bermanfaat untuk diri sendiri juga memiliki manfaat untuk orang lain.

Infak sendiri berasal dari kata anfaqa-yunfiqu-infak yang bermakna mengeluarkan atau membelanjakan harta. Sedangkan secara istilah syar'i, infak artinya mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki atau pendapatan (penghasilan) yang diperoleh untuk tujuan yang sejalan dengan syariat Islam

Pada dasarnya, infak tidak harus diberikan kepada golongan tertentu saja karena amalan ini juga bisa dilakukan kepada kerabat, fakir miskin, yatim piatu, dan kepada siapapun. Lalu mengapa kita harus berinfak?.

Alasan mengapa kita harus berinfak, karena Allah swt menyerukan kepada hambanya untuk menginfakkan sebagian hartanya sebagaimana firman Allah swt dalam surah Al Imran ayat 92

Artinya: "Tidak akan sekali-kali kamu memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya (infak)."

Juga dalam potongan surah Al Baqarah ayat 267:

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik ..."

Alasan lain kenapa kita harus berinfak adalah karena infak memiliki banyak manfaat baik untuk orang yang berinfak maupun orang yang menerima infak itu sendiri. Manfaat tersebut antara lain:

Manfaat untuk orang yang berinfak:

  • Didoakan oleh malaikat;

Rasulullah saw bersabda: "Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, "Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga)." Malaikat yang lain berdoa, "Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)." (HR Bukhari dan Muslim)

  • Mendapat pahala yang besar:

Artinya: "Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan infakkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menginfakkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar." (QS Al-Hadid: 7).

  • Harta yang diinfakkan akan diganti oleh Allah swt

Artinya: "Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS Saba: 39).

  • Dilipat gandakan rezekinya oleh Allah swt

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui”. (QS Al Baqarah:261)

Dengan banyaknya manfaat tersebut maka seharusnya kita tidak perlu ragu lagi dan harus semakin yakin dan senang untuk berinfak. Baznas Kota Yogyakarta sebagai lembaga penyalur infak atau sedekah online menjadi filantropi islam yang terpercaya dan praktis bagi para donatur dalam memenuhi kewajiban agama dan bersedekah untuk membantu sesama. Caranya dengan mengunjungi website Baznas Kota Yogyakarta disini atau dengan menghubungi media sosial Baznas kota Yogyakarta seperti instagram @baznasjogja. Semoga setiap dari infak online anda menjadi amal jariyyah yang senantiasa mengalir pahalanya, aamiin.

 ================
#HartaBerkahJiwaSakinah
#PengelolaZakatTerbaikTerpercaya
#AmanahProfesionalTransparan
#TerimakasihMuzakiDanMustahiq
================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, klik link: 
https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website:https://baznas.jogjakota.go.id