INFAK DAN SHADAQOH, SERUPA TAPI TAK SAMA

Infak dan shadaqoh merupakan dua amalan dalam islam yang sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam rangka untuk membantu sesama dan juga membersihkan harta yang kita miliki. Adapun dalil anjuran berinfak dan sedekah adalah sebagai berikut:

  1. Qs. Al. Imran ayat 92:

Artinya: "Tidak akan sekali-kali kamu memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya (infak)."

  1. Qs. Al. Baqaroh ayat 254:

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki (mu) yang telah Kami anugerahkan kepadamu sebelum datangnya hari (Kiamat) yang tidak ada (lagi) jual beli padanya, tidak ada juga persahabatan yang akrab, dan tidak ada pula syafaat. Orang-orang kafir itulah orang-orang zalim."

  1. Qs. Al Baqaroh ayat 271:

Artinya: "Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Mahamengetahui apa yang kamu kerjakan."

Infak dan Shadaqoh merupakan dua amalan yang sekilas terlihat sama dan banyak orang yang menganggap kedua amalan ini adalah satu amalan yang sama. Namun ternyata infak dan shadaqoh memiliki perbedaan. Infak dan shadaqoh merupakan dua amalan yang mirip namun tetap memiliki perbedaan. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan mengenai persamaan dan perbedaan dari infak dan shadaqah dibawah ini:

Persamaan Infaq dan Sedekah

  1. Amalan yang manfaatnya dirasakan oleh  orang lain

Infak dan Shadaqoh merupakan amalan yang selain bermanfaat untuk diri sediri juga memiliki manfaat untuk orang lain karena amalan ini adalah amalan yang kegiatannya memberikan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang lain seperti bantuan uang tunai, sembako, ataupun lainnya

  1. Dilakukan dengan ikhlas

Infak dan Shadaqoh harus dilakukan dengan ikhlas dan tidak mengharap imbalan dari manusia dan hanya mengharapkan ridho dari Allah swt.

Perbedaan Antara Infak Dan Shadaqoh

  1. infak adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum
  2. Sedekah ialah harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.
  3. Ruang lingkup dari infak terbatas atau dibatasi bentuknya hanya dalam lapangan harta benda kekayaan, sedangkan sedekah, sebagaimana terbaca dalam pengertiannya, meliputi harta dan non harta sekaligus
  4. Sedekah tidak hanya dalam bentuk memberikan uang ataupun sembako, namun tersenyum kepada orang juga sudah termasuk bersedekah. Hal tersebut sebagaimana sabda nabi:

Senyummu pada wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR Tirmidzi).

Demikianlah persamaan dan perbedaan dari amalan yang sangat dianjurkan oleh Allah swt agar dikerjakan oleh hamba-hamba Nya yang beriman.

Itulah perbedaan antara Infaq dan Sedekah. Baznas Kota Yogyakarta sebagai badan Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah yang melayani penerimaan ZIS secara online melalui kantor digital kami di https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat.  Semoga setiap dari sedekah online anda menjadi amal jariyyah yang senantiasa mengalir pahalanya, aamiin.

 ================
#HartaBerkahJiwaSakinah
#PengelolaZakatTerbaikTerpercaya
#AmanahProfesionalTransparan
#TerimakasihMuzakiDanMustahiq
================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, klik link: 
https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website:https://baznas.jogjakota.go.id