SEDEKAH JUMAT: KEUTAMAAN, DALIL, DAN MANFAAT

Sedekah merupakan ungkapan yang sudah selazimnya kita kenal dalam kehidupan sehari-hari, yakni suatu pemberian yang diberikan oleh seorang Muslim kepada orang lain (yang membutuhkan) secara langsung serta sukarela tanpa adanya batas jumlah yang diberikan dan waktu khusus.

Keutamaan Dan Dalil Sedekah Pada Hari Jumat

Pada dasarnya, sedekah dapat dilakukan kapan saja dan dengan cara apapun, akan tetapi ada hari yang baik dimana seluruh Muslim dianjurkan untuk bersedekah pada hari Jumat. Bersedekah pada Jumat di pagi hari dan hari-hari lainnya, maka akan mendapatkan doa dari para malaikat. Hal tersebut sampaikan oleh Hadist Nabi Muhammad SAW dalam Hadist berikut: Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, hal ini antara lain dikarenakan karena hari Jumat merupakan hari raya umat Muslim. Pada hari Jumat Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah. Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW "Dan sedekah pada hari itu (Jumat) lebih mulia dibanding hari-hari selainnya." (HR Ibnu Khuzaimah).

Manfaat Bersedekah di Hari Jumat

Sedekah merupakan amalan mulia yang sangat dicintai Allah SWT. Bersedekah memberikan ragam manfaat bagi kita, yaitu:

  1. Dari bersedekah, mengorbankan harta benda untuk diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan seperti fakir miskin, yatim piatu, janda bahkan kepada siapapun yang membutuhkan.
  2. Merupakan perwujudan syukur atas karunia melimpah yang diberikan oleh Allah SWT ialah dengan bersedekah.
  3. Dilipatgandakan rezeki kita. Allah SWT akan memberikan balasan yang berlipatganda kepada orang yang bersedekah tercantum dalam QS Al Baqarah ayat 261, yang berbunyi: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui.”

 

Cara Melaksanakan Sedekah Jumat

Sebagai Muslim yang baik, jangan sampai kita menyianyiakan kesempatan untuk mewujudkan rasa syukur atas segala karunia yang diberikan Allah SWT kepada kita semua dengan senantiasa bersedekah dalam kondisi apapun dan bersedekah pada waktu-waktu yang dianjurkan, seperti Jumat. Berikut adalah hal yang dapat dilakukan untuk melaksanakan sedekah Jumat:

  1. Bersedekah dalam kondisi sempit maupun lapang, jangan sampai kita menjadi Muslim yang selalu menunda amal saleh hanya karena keadaan menghalangi niat kita. sebagaimana Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al Baqarah ayat 254).
  2. Sedekah dapat dilakukan oleh seorang Muslim baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi tergantung niat dari diri kita pribadi, sebagaimana Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman: “Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Baqarah ayat 271).

Bersedekah di hari Jumat dalam bentuk apapun harta benda yang kita punya, baik makanan, maupun uang. Saat ini kita juga sudah dimudahkan oleh teknologi yang memudahkan kita untuk bersedekah dimanapun dalam kondisi apapun. Baznas Kota Yogyakarta menyediakan layanan penerimaan Zakat, Infaq, Maupun Sedekah dari anda sekalian secara Online melalui kantor digital kami di https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat.  Semoga setiap dari sedekah online anda menjadi amal jariyyah yang senantiasa mengalir pahalanya, aamiin.

================

#HartaBerkahJiwaSakinah
#PengelolaZakatTerbaikTerpercaya
#AmanahProfesionalTransparan
#TerimakasihMuzakiDanMustahiq
================
Mari tunaikan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan kafarat anda melalui Kantor Digital BAZNAS Kota Yogyakarta
https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat

Kunjungi juga website: https://baznas.jogjakota.go.id