INDONESIA-PALESTINA, SAUDARA YANG JAUH DI MATA NAMUN DEKAT DI HATI

Indonesia dan Palestina merupakan negara yang sama-sama berada di benua asia. Meskipun sama-sama berada di benua yang sama namun jarak indonesia dengan palestina sangatlah jauh. Jika ditarik dari ibu kota indonesia (Jakarta) menuju ibu kota palestina secara de facto (Ramallah) maka kita akan mendapatkan jarak sejauh 8.660 KM. Jarak tersebut jika ditempuh menggunakan pesawat maka membutuhkan waktu selama hampir 20 jam.

Meskipun terpaut jarak yang sangat jauh, hubungan Indonesia dengan Palestina sangatlah harmonis dan istimewa. Hal tersebut ditunjukan dengan masyarakat kedua negara yang saling menghormati, saling dukung serta saling menyayangi. Bukti nyata dari dukungan palestina untuk indonesia sudah banyak diketahui masyarakat indonesia yaitu menurut sejarah pada tahun 1944 ketika indonesia masih berada pada masa penjajahan, palestina sudah mengakui kemerdekaan indonesia.

Selain itu juga pernah ada seorang yang melakukan social Experiment dengan memberikan target sebuah hadiah berupa sebuah telepon genggam dengan merek ternama jika target tersebut mau membakar bendera indonesia. Namun target tersebut dengan tegas dan tanpa ragu menolak tawaran tersebut dengan alasan bahwa indonesia adalah saudara mereka dan mereka tidak mau melukai hati rakyat indonesia. Rakyat Palestina juga selalu mendoakan indonesia di setiap sholat mereka dan sangat berharap indonesia lah yang akan menjadi juru selamat yang mengeluarkan palestina dari situasi saat ini.

Sebaliknya indonesia juga gemar bahkan menjadi yang terdepan dalam membantu palestina saat palestina dilanda musibah. Pada tahun 2018 indonesia melalui menteri luar negeri nya memberikan bantuan dengan total mencapai Rp 106 M beserta bantuan sembako seberat 200 Ton. Sumbangan tersebut tidak hanya berasal dari pemerintah Republik Indonesia saja namun juga dari masyarakat indonesia. Hal ini bukanlah yang pertama namun indonesia tercatat sangat sering memberikan bantuan sumbangan dan juga bersuara keras untuk kemerdekaan palestina. Tahun ini palestina kembali dilanda musibah, maka dari itu kita sebagai rakyat indonesia dan juga saudara seumat sudah sepantasnya memberikan bantuan sebisa kita untuk saudara jauh kita yang dilanda musibah sebagaimana anjuran islam untuk selalu melakukan kebaikan dan menolong sesama

 

“Allah akan senantiasa menolong seorang hamba, selama dia mau menolong saudaranya.”

(HR. Muslim: 2699).

“Barangsiapa meringankan dari seorang mukmin salah satu kesusahan hidupnya di dunia, niscaya Allah akan meringankan salah satu kesusahan hidupnya pada hari kiamat. Barangsiapa memberi kemudahan kepada orang yang kesulitan, niscaya Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasai & Ibnu Majah).

Kita dapat sedikit membantu dan meringankan beban mereka dengan menyisihkan sedikit rezeki yang kita miliki untuk mendonasikan kepada saudara-saudari kita yang ada di Palestina. Baznas Kota Yogyakarta menyediakan layanan Penyaluran Donasi anda untuk Palestina. Anda dapat menyalurkannya secara langsung ke kantor kami, atau secara Online melalui kantor digital kami di https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat.  Semoga setiap dari sedekah online anda menjadi amal jariyyah yang senantiasa mengalir pahalanya, aamiin.

================

#HartaBerkahJiwaSakinah
#PengelolaZakatTerbaikTerpercaya
#AmanahProfesionalTransparan
#TerimakasihMuzakiDanMustahiq
================
Mari tunaikan zakat, infaq, sedekah, fidyah, dan kafarat anda melalui Kantor Digital BAZNAS Kota Yogyakarta
https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat

Kunjungi juga website: https://baznas.jogjakota.go.id