Keutamaan Sedekah dan Pahala yang Akan Diterima Dari Allah SWT.

Sedekah merupakan suatu amalan yang paling mudah dilakukan oleh umat Islam. Dengan kata lain, sedekah bisa dilakukan oleh siapa saja, dari golongan kaya ataupun miskin mampu melakukan sedekah. sedekah tidak hanya soal harta yang akan diberikan dengan jumlah yang amat besar, melainkan seberapapun dan semampu setiap individu dalam berbagi.

Sedekah juga bukan perihal memberi harta kekayaan atau materi yang dimiliki, bisa jadi berupa tenaga dalam membantu sesama umat, bisa berupa memberi kebahagiaan kepada seseorang seperti tersenyum apabila berjumpa. Sedekah sendiri memiliki banyak keutamaan dalam Islam dan memberikan banyak pahala bagi yang mengamalkannya dengan penuh rasa ikhlas. Berikut beberapa keutamaan sedekah dan pahala yang akan diterima dari Allah SWT:

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bersedekah mampu membuat jarak antara hamba dengan Allah semakin dekat, karena shodaqoh merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan bersedekah, maka seseorang dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan dan ketakwaannya.

  1. Menghapuskan Dosa

Setelah mendekatkan jarak dengan Allah, shodaqoh mampu menghapuskan dosa-dosa bagi seseorang yang bersedekah dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Shodaqoh dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Masyaallah sungguh mulia bagi orang-orang yang ikhlas dalam memberikan shodaqoh, karena akan ada janji Allah yang sangat besar.

  1. Mendatangkan Keberkahan

Bersedekah mampu membawakan keberkahan dalam hidup seseorang, baik dalam hal rezeki, kesehatan, dan juga kebahagiaan. Meskipun sedekah dianggap memberikan sedikit apa yang kita miliki, namun hal tersebut justru menjadi ladang keberkahan bagi hidup kita semua.

  1. Mensucikan Harta 

Seberapapun harta yang kita miliki, sejatinya semua itu hanya titipan Allah SWT. Kewajiban kita sebagai umat Islam, tentu menyedekahkan harta sesuai kemampuan kita. Dengan bersedekah, secara tidak langsung orang tersebut sedang membersihkan harta yang dimilikinya dari sifat kikir, serakah dan egois. Maka dari itu, dengan sedekah mampu membuat harta tersebut menjadi lebih bersih dan berkah.

  1. Melindungi kita dari Bala atau Musibah

Sedekah mampu menjadi pelindung kita dari bala ataupun musibah. Rasulullah SAW bersabda “Shodaqoh itu dapat menolak bencana yang ditakdirkan.” (HR. Tirmidzi).

  1. Meningkatkan Kebahagiaan

Sedekah dapat memberikan kebahagiaan bagi kedua belah pihak, baik yang memberi maupun yang menerimanya. Kebahagiaan bagi si pemberi sedekah, akan ada hawa lega dan bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Kebahagiaan bagi si penerima sedekah yakni terpenuhinya kebutuhan hidup, sehingga memberikan rasa bahagia yang tiada tara.

  1. Mendapatkan Pahala yang berlipat Ganda

Allah SWT berjanji akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang-orang yang sedekah dengan rasa ikhlas, tulus, dan semata-mata mengharap ridho Allah SWT.

Itulah beberapa keutamaan dalam bersedekah dan pahala yang akan diterima bagi setiap orang yang ikhlas dalam bersedekah. Mari tingkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT dengan memberikan sebagian harta ataupun tenaga yang kita miliki, untuk disedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

================
*Tunaikan zakat infaq sedekah, melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, klik link: https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website:https://baznas.jogjakota.go.id

Sumber foto: Pexels.com (Pixabay)