ZAKAT FITRAH SEBAGAI JEMBATAN PAHALA

Zakat fitrah merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim.  Bulan suci Ramadhan menjadi kesempatan untuk umat muslim terutama bermanfaat bagi yang berpuasa.  Dengan malakukan zakat fitrah akan bertujuan untuk memperbaiki diri, membersihkan diri dari dosa dan perbuatan keji, beramal sebanyak mungkin, serta menyempurnakan ibadah puasa yang telah dijalankan selama satu bulan penuh.

Keutamaan membayar zakat fitrah yaitu menjadi tanda kepedulian terhadap sesama muslim terlebih kepada pihak yang lebih membutuhkan. Hal ini terlihat disaat merayakan Idul Fitri bersama. Tanpa kita sadari, dalam hari kebahagiaan dan kemenangan ini kita bisa menjalankan silaturahmi erat lebih baik. Berbagi sesama membuat kebahagiaan datang. Namun, hari kebahagiaan tidak selalu dilakukan oleh kaum fakir miskin atau kaum lainnya. Hal itu terlihat dengan berbagai kekurangan yang ada pada diri mereka, tetapi selalu ada rasa syukur dan nikmat yang mereka rasakan. Oleh karena itu, kewajiban membayar zakat menjadi jembatan pahala dan solusi untuk mewujudkan kebahagiaan sesama dan merata kepada umat Muslim.

Sabda Rasulullah SAW : “Cukupilah kebutuhaan (Fakirmiskin), agar mereka tidak meminta pada Hari Raya Idul Fitri.” (Sunan Daruqutni:67).

Zakat fitrah menjadi penutup atas kekurangan puasa kaum muslim dengan segala kesalahan dan kecerobohan yang tidak disadari pada dirinya. Dalam hadis, Rasulullah mewajibkan zakat fitrah sebagai pembersih bagi orang yang melakkan segala perbuatan tidak baik, perbuatan sisa-sia,dan ucapan tidak baik, dan juga sebagai makanan bagi orang miskin.

“Siapa yang menunaikannya sebelum shalat hari aya maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah hari raya maka akan masuk kedalam kategori sedekah biasa.” (HR Abu Daud).

 

================
*Tunaikan zakat melalui BAZNAS Kota Yogyakarta, transper ke rekening:
BSI: 4441111121
BRI: 153101000005307
BPD DIY Syariah: 801111000054
*Atau melalui link: 
https://kotayogya.baznas.go.id/bayarzakat
*Kunjungi: website:https://baznas.jogjakota.go.id

* https://berbagi.link/baznaskotajogja